12.11.13

Bedah Buku

Rabu, 23 Oktober 2013 saya berkesempatan bertemu dengan penulis Ahmad Fuadi dalam sebuah acara bedah buku beliau yang diadakan oleh perpustakan BKF. Menyenangkan bisa bertemu dengan beliau. Sosok yang sederhana dan rendah hati.  Buku Rantau 1 Muara merupakan buku ketiga dari trilogi Negeri 5 Menara. Buku pertama berjudul Negeri 5 Menara,sedangkan yang kedua, Ranah 3 Warna.

Beliau menuturkan bahwa hidup ini sejatinya adalah perantauan. Ada tiga hal yang dicari dalam hidup ini, yaitu pencarian tempat berkarya, pencarian belahan jiwa, dan pencarian hidup. Perantauan yang kelak akan bermuara ke satu muara. Muara segala muara. Keseluruhan pencarian tersebut tersaji dalam buku Rantau 1 Muara.

Beliau juga menceritakan bahwa dahulu ketika masuk pesantren, bukan berarti nilai ujiannya jelek bahkan nilai beliau termasuk yang bagus. Dengan nilai bagus tersebut, bang Ahmad Fuadi bisa memilih ke sekolah mana saja. Ibunda beliau-lah yang berkeinginan agar putranya masuk pesantren. Menurut ibunda beliau, orang-orang yang masuk pesantren haruslah orang-orang yang bibitnya bagus karena kelak lulusan pesantren akan menjadi tokoh/pemimpin umat. Itulah yang menjadi alasan beliau untuk menyekolahkan puteranya ke Pondok Pesantren Gontor. Sebuah niat yang sungguh mulia.

Di akhir acara, bang Ahmad Fuadi memberikan tips terkait menulis. Ada 4 poin penting dalam menulis, antara lain:
Why
Mengapa menulis? Alasan apa yang memotovasi kita untuk menulis, yaitu menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain. Salah satunya melalui menulis.
What
Apa yang mau ditulis? Beliau menyarankan untuk mencari sesuatu yang membuat kita suka, yang tidak pernah membuat kita bosan untuk menulisnya.
How?
Dengan cara apa kita menulisnya? How to?
When?
Kapan kita menulisnya? Jawabannya adalah hari ini, saat ini.

Berfoto bersama dengan bang Ahmad Fuadi di akhir acara.
Dari kiri ke kanan bang Ahmad Fuadi-saya-Ukh Nisa

Tidak ada komentar:

Persiapan menuju Ramadan 1443H-Menyapih

Ramadan 1443 H tinggal menghitung hari. Kira-kira akan dimulai pada 2 April nanti. Setiap orang tentu memiliki persiapan masing-masing. Ada ...